Minggu, 14 Juni 2015

Tugas 2 (Skrip dan Alur Game)

Skrip dan Alur Game



Skrip ini untuk dialog dengan pembeli


# Shop Screen
  ShopBuy         = "Buy"
  ShopSell        = "Sell"
  ShopCancel      = "Cancel"
  Possession      = "Possession"



Skrip dibawah ini untuk menambahkan sound


# System Sound Effect

def self.play_system_sound(n)
$data_system.sounds[n].play
End


Skrip ini untuk mengaktifkan self switch jika ketemu musuh maka musuh akan melawan dan menghilang jika kalah:

class Game_SelfSwitches
   # * Object Initialization
   def initialize
    @data = {}
  End
  # * Get Self Switch
  def [](key)
    @data[key] == true
  end
  #-------------------------------------------------------------------
  # * Set Self Switch
  #     value : ON (true) / OFF (false)
  #-------------------------------------------------------------------
  def []=(key, value)
    @data[key] = value
    on_change
  end
  # * Processing When Setting Self Switches
  #-------------------------------------------------------------------
  def on_change
    $game_map.need_refresh = true
  end
end




Skrip ini untuk menambahkan aktor, seperti aktor untuk dialog, contohnya seeprti gambar dibawah ini:

  attr_accessor :name                     # Name
  attr_accessor :nickname                 # Nickname
  attr_reader   :character_name           # character graphic filename
  attr_reader   :character_index          # character graphic index
  attr_reader   :face_name                # face graphic filename
  attr_reader   :face_index               # face graphic index
  attr_reader   :class_id                 # class ID
  attr_reader   :level                    # level
  attr_reader   :action_input_index       # action number being input
  attr_reader   :last_skill               # For cursor memorization:  Skill
  #--------------------------------------------------------------------------
  # * Object Initialization
  #--------------------------------------------------------------------------
  def initialize(actor_id)
    super()
    setup(actor_id)
    @last_skill = Game_BaseItem.new
  end
  #--------------------------------------------------------------------------
  # * Setup
  #--------------------------------------------------------------------------
  def setup(actor_id)
    @actor_id = actor_id
    @name = actor.name
    @nickname = actor.nickname

    init_graphics
    @class_id = actor.class_id
    @level = actor.initial_level
    @exp = {}
    @equips = []
    init_exp
    init_skills
    init_equips(actor.equips)
    clear_param_plus
    recover_all
  end
  #--------------------------------------------------------------------------
  # * Get Actor Object
  #--------------------------------------------------------------------------
  def actor
    $data_actors[@actor_id]
  end
  #--------------------------------------------------------------------------
  # * Initialize Graphics
  #--------------------------------------------------------------------------
  def init_graphics
    @character_name = actor.character_name
    @character_index = actor.character_index
    @face_name = actor.face_name
    @face_index = actor.face_index
  End


Skrip ini untuk melakukan battle dengan lawan:



 
class Window_BattleActor < Window_BattleStatus
  # * Object Initialization
  #     info_viewport : Viewport for displaying information
    def initialize(info_viewport)
    super()
    self.y = info_viewport.rect.y
    self.visible = false
    self.openness = 255
    @info_viewport = info_viewport
  end
  # * Show Window
    def show
    if @info_viewport
      width_remain = Graphics.width - width
      self.x = width_remain
      @info_viewport.rect.width = width_remain
      select(0)
    end
    super
  end
   # * Hide Window
    def hide
    @info_viewport.rect.width = Graphics.width if @info_viewport
    super
  end
end


Game ini adalah game dengan petualangan, dimana pada saat ketemu musuh maka musuh akan melawan. Bisa juga dengan melewatinya jika menyerah dan musuh akan hilang. Pada awalnya aktor masuk dan terus mencari jalan untuk tujuan tertentu. Skrip program diatas adalah masing-masing dari potongan kode program dalam RPG Game Maker VX Ace.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar